Susunan Kalimat untuk Moderator Acara Debat | Diskusi | Dialog

Pentingnya membuat kerangka (Bagan) untuk sebuah acara perdebatan, Dialog, diskusi, merupakan salh satu kewajiban seorang pemandu acara sebelum melakukan acara, persoalannya adalah jika tidak dikonsep terlebih dahulu maka akan chaos (semmrawut) moderator dalam hal ini layaknya seorang wasit dalam pertandingan, nah untuk itu diperlukan kenetralan sikap dalam menjai moderator. Berikut contoh susunan Acara pada sebuah kajian, perdebatan, Diskusi.. dan sebagainya..
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati nara sumber kita yang pertama (sebutkan nama nara sumber) dan dilanjutkan yang kedua. tidak lupa para hadirin (sebutkan undangan, seminar, diskusi, debat dll..) yang sudah hadir dalam forum ini dan mohon maaf jika tidak saya sebutkan satu persatu..

Pertama tama marilah kita panjatkan syukur pada Alloh SWT, yang sudah memberi kita banyak nikmat sehingga kita dapat berkumpul dalam rangka mencari ilmu dan mencari kebenaran di acara ini, tidak lupa Shalawat dan salam mari kita lantunkan untuk Nabi Muhammad SAW.. Selanjutnya marilah kita bersama-sama memohon Izin Alloh agar acara ini diberkati dan diberikan sebuah sudut pandang yang benar, dan bijak serta lurus atas petunjuk Tuhan yang Maha Esa.

Sebelum dimulainya acara ini Izin kan saya memperkenalkan diri saya.. Nama ( Nama anda ) Saya sebagai moderator pada acara acara ini yang akan membahas tentang kajian Ilmiah berdasarkan tema acara yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak nara sumber kita, dan adapun kedua narasumber kita di sisi kanan saya bernama (Nama Moderator 1).. (sebutkan latar belakang pendidikan, usia, tempat tinggal, dan sebagainya yang berkaitan dengan identitas nara sumber tersebut) dan disebelah kiri saya adalah.... (informasikan seperti halnya pada Nara sumber yang pertama).

Adapun perihal di adakannya perdebatan, diskusi, Kajian Ilmiah ini, adalah ada perbedaan pendapat antara dua belah pihak yakni dari kedua narasumber kita, dan atas dasar kesepakan bersama maka dibentuklah acara ini sebagai sebuah kajian dan memperjelaskan persepsi masing-masing pendapat serta sudat pandang kedunya, adapula alasan kenapa dilakukannya forum ini tak lain adalah untuk mewujudkan sebuah kebersamaan walaupun dalam perbedaan pandangan ataupun persepsi, bisa juga untuk menyamakan sebuah persepsi hal itu tergantung pada kedua nara sumber tersebut, Adapula latar belakang masalah diselenggarakannya adalah (jelaskan latar belakang diadakannya diskusi, debat, dsb...)

Sedangkan bagi anda semua para tamu, undangan, yang hadir pada forum di acara ini mengenai kesimpulan dan sebagainya diserahkan terhadap masing-masing audien tentang sudut pandang para hadirin sekalian dari hasil perbincangan kedua nara sumber kita, bagi para audien silahkan menyimak dengan tertib, dan berikan penilaian kepada sudut pandang masalah yang akan diperbincangkan, yang akan dibahas oleh kedua nara sumber tersebut diharapkan bersikap profesional untuk anda para audien.

Saya sebagai moderator harus bijak dan adil dalam pembahasan ini, agar dapat membawa serta menuntun acara ini dengan baik dan sukses, beberapa hal yang perlu anda sekalian ketahui demi terciptanya sebuah forum yang adil izinkan saya selaku moderator untuk menjabarkan atura-aturan yang sudah ditetapkan, dan harap kepada kedua nara sumber, dan audiens untuk menyimak aturan-aturan berikut antara lain :
Nara Sumber pertama akan menjabarkan sudut pandang nya selama 30 menit (atau lebih) dan setelah itu dilanjutkan oleh nara sumber kedua dengan waktu yang sama.
Setelah keduanya selesai memaparkan sudut pandang masalah yang sesuai dengan topik permasalahan tersebut maka kedua nara suber tersebut diberi waktu untuk menanggapi masing-masing persepsinya selama 15 menit.
Sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab, antara kedua nara sumber secara bergantian dan dihitung dengan waktu pertanyaan 1 menit, dan Nara sumber berikutnya yang mendapatkan giliran menjawab diberikan waktu 3 atau 5 menit untuk menjawab. pertanyaan nara sumber tersebut yang bertanya, dan sebalik dilakukan selama 3 kali sesi tanya jawab.
Sesi ini adalah sesi umum, yakni tanya jawab dari audien yang hadir untuk bertanya kepada kedua nara sumber tersebut, tetapi pertanyaan tidak boleh melenceng dari topik judul permasalahan, audien diberi waktu 1 menit untuk bertanya dan akan dijawab oleh nara sumber selama 3 menit. dan akan diberikan pertanyaan sebanyak 6 orang, 3 pertanyaan dilontarkan kepada nara sumber pertama dan 3 pertanyaan pada nara sumber kedua. (atau bisa dilakukan dengan pertanyan sebuah tulisan yang dipersiapkan alat tulisnya, hal ini tergantung pada kebijakan moderator atau panitia pelaksana, forum debat).
Sesi yang tertakhir adalah pembacaan rangkuman dari hasil debat, diskusi, perbedaan sudut pandang, apakah ada titik temu, atau tidak tergantung pada hasil persepsi kedua belah pihak, untuk audiensi kiranya dapat menyimpulkan sendiri dengan sudut pandang sendiri. dan dilanjutkan dengan penutup, doa.
 Debat (kalimat Moderator)

Beberapa Susunan Kalimat untuk Moderator Acara Debat | Diskusi | Dialog diatas sebagai contoh susunan acara yang merupakan sebuah gambaran secara umum saja, pembaca silahkan untuk mengembangkannya sendiri disesuaikan dengan tema dan topik acara yang akan dilangsungkan. terima kasih semoga bermanfaat. jangan lupa baca juga beberapa contoh kalimat Pembawa acara dalam sebuah acara.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,