Membuat Pembukaan Pidato | Tekhnik Pidato

Pembukaan pidato adalah bagian penting dan memainkan peranan bagi pembicara, karena bagian ini dapat memberikan kesan pertama bagi para pendengar dan agar pidato terlihat profesional. Kesan pertama pendengar timbul pada cara pembicara membuka pidato. Oleh sebab itu, bagian ini dapat di jadikan modal awal untuk mencapai keberhasilan dalam berpidato anda bisa mengunjngi artikel ini contoh pembukaan pidato. Ada beberapa cara yang dapat digunakan seorang pembicara untuk membuka pidatonya. di antaranya yaitu :

Membuka pidato dengan pekernalan diri.
Cara membuka pidato dengan memperkenalkan diri adalah cara yang mudah dan cocok bagi para pemula. Di sini pembicara hanya perlu menyebutkan nama dan jika perlu menjelaskan riwayat hidupnya yang berhubungan dengan jabatan yang disandangnya sekarang. Pembicara dapat juga menjelaskan tentang tugas yang diberikan dalam penyampaian pidatonya. Misalnya seorang pembicara pidato akan membicarakan tentang produk-produk usahanya kepada para pendengar atau konsumen. Maka pembicara harus menjelaskan nama diri, serta jabatan yang dipegangnya dalam perusahaan pada saat membuka pidatonya. Kemudian dapat dilanjutkan dengan memberikan penjelasan singkat tentang perusahaan tempatnya bekerja.

Membuka pidato dengan memberikan ilustrasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
Pada model pembukaan seperti ini, pembicara dapat memulai pembukaan pidatonya dengan memberikan ilustrasi atau contoh kepada para pendengarnya. Misalnya pada suatu penyuluhan program Keluarga Berencana, pembicara dapat memberikan ilustrasi sebagai berikut :
“Pada perjalanan saya kesini, kebetuian saya satu angkutan dengan seorang bapak setengah baya yang mungkin berusia sama dengan saya. Dia terlihat begitu bingung ketika seorang penumpang lagi hendak naik Mobil angkutan yang saya tumpangi. Sopir mengatakan agar anak-anak yang tidak bayar dipangku saja. Bapak tersebut kelihatan bingung karena berusaha memangku keempat anaknya yang masih keci1-kecil. Dan dalam kebingungan tersebut saya dan penumpang lain disebelah saya berusaha menolong bapak tersebut dengan memangku anak-anak yang tidak dapat dipangku olehnya.”
Dari ilustrasi di atas pembicara dapat memberikan sedikit pesan kepada para pendengar bahwa betapa merepotkan sekali memiliki banyak anak.

Membuka pidato dengan humor.
Cara membuka pidato dengan humor ini sangat baik sekali dan akan dapat menarik perhatian dari para pendengar sehingga bersimpati kepada pembicara Pembukaan pidato dengan menggunakan humor ini sangat baik sekali dilakukan jika tujuan dari pidato yang disampaikan adalah untuk mempengaruhi atau membujuk pendengar. Tetapi, cara membuka pidato seperti ini ti-aklah mudah untuk dilakukan, karena pembicara harus benar-benar mengetahui dan yakin bahwa humor yang akan disampaikan tersebut benar-benar akan mengena dan akan mampu memancing tawa serta perhatian pendengar.

Membuka pidato dengan pendahuluan umum.
Membuka pidato dengan menguraikan pendahuluan umum adalah cara pembukaan yang biasa dilakukan oleh para pembicara. Cara ini tidak sulit, dan bahkan pendahuluan secara umum dapat menyiapkan pikiran pendengar untuk menerima isi pidato yang sebenarnya.

Membuka pidato dengan menyebutkan contoh nyata.
Membuka pidato dengan menyebutkan contoh nyata yang memiliki hubungan dengan isi pidato juga tidaklah sulit. Tetapi dalam memberikan contoh nyata tersebut pembicara harus benar-benar tahu dan mengalami sendiri peristiwanya, jadi bukan berasal dari cerita atau perkataan orang lain.
Membuka pidato dengan cara memberikan contoh nyata ini, memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan yang lainnya karena pembicara dapat menarik perhatian pendengar secara langsung. Hal itu disebabkan pada umumnya orang lebih tertarik pada kisah atau peristiwa yang nyata. Dan sebaiknya pembicara tidak menceritakan peristiwa atau contoh yang tidak pernah dialami sendiri. 

Membuka pidato dengan menguraikan fakta dari pendengar.
Membuka pidato dengan penguraian fakta ini juga tidaklah sulit, karena pembicara hanya perlu mengetahui sebelumnya fakta apa yang tengah terjadi dikalangan pendengar. Pembukaan pidato seperti ini juga banyak memiliki keuntungan karena dapat menarik simpati langsung dari para pendengarnya.

Demikian Artitel tentang  Membuat Pembukaan Pidato | Tekhnik Pidato, jangan lupa anda juga baca artikel lainnya mengenai tekhnik berpidato, Materi Penutupan Pidato | Tekhnik Pidato, Tekhnik Pidato | Rahasia Berpidato

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,