Etika Pidato dihadapan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa

Umumnya seorang pemuda baik pelajar atau mahasiswa memiliki pengetahuan yang luasdan daya banding sangat tinggi. Dan tidak dapat dipungkiri, saat ini para pemuda memiliki kecenderungan mudah beraksi terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan oendapatnya hingga mereka tidak sabar mengajukan interupsi atau pertanyaan secara tiba-tiba pada saat pembiocara sedang berpidato. Oleh sebab itu ada beberapa etika yang perlu diperhatikan yaitu :
Pidato yang disampaikan harus lebih mengutamakan penalaran, karena pada umumnya para pelajar dan mahasiswa telah terbiasa berfikir kritis.
Berusahalah memberikan contoh-contoh pada mereka yang berasal dari dunia mereka (dunia remaja) sebab contoh-contoh tersebut lebih mengena.
Pembicara sebaiknya tak mengeluarkan kalimat yang bersifat menentang, misalnya ada seorang pendengar yang mengajukan pertanyaan yang bersifat menentng materi yang disampaikan pembicara. akan lebih baik jika pertanyaan tersebut dijabab "YA" akan lebih baik juga akan lebih baik atau... " YA ".... Itu memang baik namun ada yang lebihb baik dari hal terebut... yaitu,......... " atau "YA, tetapi........ " dan lain-lain.
Akan lebih baik jika pembicara dalam berpidato tidak cenderung mengkritik para pendengar atau memojokkan mereka. Usahakanlah untuk membimbing mereka dan membesarkan semangatnya.
Berpidato dihadapan pemuda, remaja, pelajar atau mahasiswa, lebih bijak di berikan bubuhan bahasa sanjungan, atau kalimat penyemangat kepada mereka.
Usahakan untuk mengkorelasikan dengan situasi keadaan jaman, atau kebiasan pemuda, seperti teknologi, komputerisasi, juga menyentuh hal-hal yang menjadi konsumsi pemuda tersebut, dan sedikit singgung mereka dengan tanggung jawab sebagi pemuda.
Kumpulan Etika Pidato Lengkap
Pada hakikatnya pemuda sangat tanggap dan kooperatif serta memiliki jiwa kepekaan yang kuat dengan isu sosial, atau dengan kehidupan yang menyinggung diri pemuda itu sendiri berbeda dengan Etika Berpidato dihadapan Umum , adakalanya cara mengucapkan pidato kepada para pemuda mestinya dengan suara yang penuh semangat dan tidak lembek. Demikia Artikel mengenai Etika Berpidato dihadapan Pemuda, Pelajar Mahasiswa. Baca juga beberapa tatacara pidato lainnya, atau seputar panduan berpidato, Trik Jitu Mengatasi Demam Panggung, Menyusun Naskah Pidato | Tekhnik Pidato Membuat Pembukaan Pidato | Tekhnik Pidato. Tekhnik Pidato | Rahasia Berpidato, Materi Penutupan Pidato | Tekhnik Pidato,  Kumpulan Contoh Teks Naskah Pidato, Ceramah, Sambutan 

SELANJUTNYA....!!! 
Etika Pidato dihadapan Wanita

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,