Hal yang Harus di Perhatikan dalam berpidato | JITU..!

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari atau dilakukan oleh seorang ahli pidato, yaitu
seperti di bawah ini :

  • Jangan menampilkan Wajah cemberut ketika berpidato atau menampilkan pandangan liar yang memberi kesan galak. Penampilan seperti di atas dapat merugikan pembicara karena tidak akan memperoleh simpati pendengar. Berbicaralah dengan wajah yang bersahabat, cerah dan selalu menyungging senyum di bibir, karena hal tersebut akan mampu menciptakan daya tarik tersendiri bagi pendengar.
  • Pembicara harus selalu mengarahkan pandangannya kepada pendengar secara teratur dan berganti-ganti, jangan sampai pandangan tertuju pada satu kelompok saja.
  • Jangan sekali-kali mengajukan pertanyaan dalam berpidato yang memiliki kecenderungan akan dijawab dengan perkataan "Tidak". Jadi, pembicara tidak perlu berspekuIasi melontarkan pertanyaan yang memiliki jawaban "Ya" atau "Tidak".
  • Dan jangan sekali-kali pembicara mengawali pidatonya dengan pernyataan minta maaf karena tidak merasa tidak siap, atau mengatakan belum memahami materi pidato secara sungguh-sungguh dan yang sejenisnya. Hal tersebut telah menunjukkan bahwa pembicara tidak akan mendapatkan perhatian dari audiens.
  • Jangan membawakan pidato secara panjang lebar dan berputar-putar seolah-olah tidak ada hentinya, karena akan mengakibatkan pendengar merasa jemu. Segera persingkat materi pidato apabila melihat pendengar merasa jenuh dan tidak banyak memperhatikan pembicara. Untuk mengganti materi pidato, buatlah penutup yang merangkum isi materi secara lengkap.
  • Jangan mengoreksi atau menetang pembicara sebelumnya karena akan dapat mengurangi simpati pendengar.
  • Jika diperlukan pembicara dapat membawa catatan secukupnya yang berisi pokok-pokok pidato saja. Hal ini tidak perlu dilakukan jika pidato disampaikan dengan menggunakan teknik membawa Teks Naskah 
  • Bila ada pendengar yang mencari perhatian dengan memindahkan kursu atau batuk-batuk, pembicara sebaiknya diam sejenak hingga pendengar tersebut diam. Langkah diam scjenak ini selalu mampu mengatasi tindakan pendengar yang kurang berkenan.
  • Pemilihan pola kalimat dan gaya bahasa harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh pembicara karena hal tersebut dapat meningkatkan daya tarik dalam berpidato.
Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang pembicara dalam berpidato dan demi tujuan pidatonya agar di perhatikan oleh audiensinya dengan judul artikel Hal yang Harus di Perhatikan dalam berpidato | JITU..!, adapula mengenai etika atau tatacara berpidato bisa anda baca pada beberapa artikel dibawah ini. 
Trik Jitu Berpidato

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,