Beranda Teks Pidato Tata Bahasa Sastra Ceramah Khutbah Arti Kata Puisi

Pidato Tentang Lailatul Qodar

Assalamu'alaikum Warohmatuillaahi Wabarokaatuh..

Salam sejahtera bagi kita semua ummat Islam yang senantiasa bertaqwa, menjauhi larangan Alloh dan menjalankan perintah Alloh SWT. seperti berpuasa pada Rhomadhon di tahun ini, kita senantiasa senang menjalankan perintah Alloh SWT.

Puji Syukur Kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan banyak kenikmatan kepada kita sekalian, sehingga pada malam ini, di acara yang mulia ini kita masih bisa berkumpul pada majlis yang insyaAlloh diridhoi oleh Alloh  SWT, dan oleh sebab itu maka kita harus banyak bersyukur dengan apa yang kita dapatkan khusunya di bulan ramadan yang kita cintai ini, kapan lagi kesempatan yang akan kita dapatkan selain di bulan yang penuh dengan kemulyaan ini.

Sholawat serta salam marilah kita limpahkan pada junjungan Nabi Besar kita Muhammad SAW, yang telah banyak memberikan pelajaran bagi kita semua untuk senantiasa bertakwa dan mengenal Alloh SWT, untuk itu kita semua perbanyak mengucapkan sholawat kepada Nabi kita Muhammada SAW, kepada keluarganya, Shohabatnya, dan pengikutnya dan kepada kita sekalian hingga mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat nanti.

Saudaraku yang sangat saya cintai..
Tahukah anda mengenai bagaimanakah rasanya kita berpuasa selama ini, Bagaimanakah rasanya menahan diri dari lapar, haus dan menahan nafsu dibulan ini, semua merupakan sebuah proses untuk mencapai ketaqwaan kita kepada Alloh SWT, dan barang siapa kita mampu melaluinya maka kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan. Dibulan suci ini banyak terdapat rahasia-rahasia Alloh dan banyak sekali keberkahan yang kita dapatkan karena hanya dibulan ini kita bisa menjadi hamba yang benar-benar melalui proses yang sangat berat, maka itu kita perlu menjalankannya dengan penh kesabaran serta keimanan.

Rahasia  rahasia Alloh SWT di Bulan ini adalah Malam Lailatul Qodar, apakah yang dinamankan Lailatul Qodar, dalam Q.S Al- Qodr : 1-5.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ * وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ * لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ * تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ * سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ *
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadr). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan (Lailatul Qadr) itu? Malam kemuliaan itu (Lailatul Qadr) lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. (Al-Qadr: 1-5)

Sudah jelas dalam Surat Al-Qodr diatas bahwasanya malam Lailatul Qodar merupakan malam yang penuh dengan kemulyaan, malam lebih baik dari seribu bulan, nah untuk itu bagaimanakah agar kita mendapatkan malam seribu bulan tersebut, menurut para ulama datangnya lailatul qodar adalah pada hari ganjil pada bulan romadhon. untuk mendapatkan kemulyaan pada malam tersebut hendaknya kita beraqorrub Illalloh dengan berdzikir, Sholat sunnah dan sebagainya, marilah malam Lailatul Qodar ini kita cari dan dijadikan sebuah perlombaan untuk mendaoatkan malam tersebut Fastabiqul Khaerot, dengan melakukan Ibadah, sholat Taubat, Bedzikir, Serta memohon ampunan Alloh SWT.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
مَنْ قَامَ لَيْلَةَالْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malamlailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanyayang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901).
Rasulullah SAW, ketika malam Lailatul Qodar mengencangkan Tali sarungnya (melakukan Ibadah) dan membangunkan Istri-istrinya, karena malam Lailatyul Qodar adalah malam yang sangat mulia sampai pada terbit fajar. Sekian Kultum mengenai malam lailatul Qodr dari saya kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya, akhiru kalam saya haturkan terima kasih atas waktunya. 
Wassalamu'alaikum Warohmatuillaahi Wabarokaatuh..
Keutamaan Malam Lailatul Qodar
Sekian Pidato tentang  Pidato Tentang Lailatul Qodar dengan segala keistimewaannya, semoga bermanfaat. baca juga Pidato, ceramah, dan contoh lainnya di blog ini. Pidato Halal Bihalal (Idul Fitri)

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung diblog Kata Estetika ini, silahkan tinggalkan komentar anda,